Konsultasi Pendampingan

Posted April 11th, 2012 in Uncategorized

PROGRAM KONSULTASI PENDAMPINGAN
I. Menyusun Rencana Strategis (Renstra) bagi Organisasi Pengelola Zakat
Ruang lingkup kegiatan:
a. Peran & Strategi Pemerintah dalam Pengembangan BAZ
b. Formulasi strategi pengembangan daerah sebagai suatu langkah strategi BAZ
c. Merumuskan Strategi & Rencana Tindakan Strategik
d. Pemetaan potensi dan tantangan sumber daya lokal
e. Strategi & Teknis Penyusunan Program Penggalangan Dana
Manfaat:
a. Sebagai bahan analisa dalam mengevaluasi keefektifan sumber daya amil di tengah birokrasi
b. Meningkatkan Effisiensi penyusunan & penggunaan anggaran dalam menjalankan program dan pelayanan
c. Menyusun agenda perubahan oleh pimpinan guna memobilisasi perubahan.
d. Memiliki desain program penggalangan dana berdasarkan target dan sumber daya.
e. Membangun jaringan sinergi dalam pemberdayaan masyarakat

II. Penyusunan Standar Operasional Prosedur untuk Organisasi Pengelola Zakat
Ruang lingkup:
a. pemetaan terhadap proses kerja (proses bisnis) yang sudah dan akan berjalan
b. Benchmarking (membandingkan) terhadap organisasi sejenis sebagai tolak ukur
c. Mendesign SOP sesuai dengan hasil observasi dan hasil referensi untuk menambah ketajaman dari design sop
d. analisa design sop yang sudah dibuat untuk diimplementasikan
e. review SOP agar SOP yang sudah dibuat bisa dijalankan tanpa ada hambatan
Manfaat:
a. Dapat menjaga konsistensi dalam menjalankan suatu prosedur kerja
b. Lebih jelas mengetahui peran dan posisi masing-masing di internal organisasi
c. Memberikan kejelasan mengenai prosedur kerja, dan tanggung jawab dalam proses terkait
d. Memberikan keterangan mengenai keterkaitan dengan satu proses kerja dengan proses kerja
e. Meminimalisir kesalahan dalam melakukan pekerjaan
f. Membantu dalam melakukan evaluasi terhadap setiap proses operasional organisasi
g. Sistem prosedur yang dihasilkan diantaranya: SOP HRD, SOP Operasional, SOP Akuntansi dan keuangan, SOP Penghimpunan, SOP General Affair / Umum serta SOP Program

III. Manajemen Program Pendayagunaan Zakat
Ruang lingkup:
a. Uraian Konsep Pendekatan kerangka kerja logis serta Ilustrasi dalam penerapannya
b. Menyusun analisis masalah, tujuan, sasaran serta implementasi program
c. menyusun perencanaan keuangan program
d. Menentukan Indikator Keberhasilan Program
e. Mengembangkan Matriks Perencanaan Kerja
Menerjemahkan Matriks Perencanaan Kerja ke dalam Laporan Kerja
Manfaat:
1. Organisasi mampu mendesain program pendayagunaan berbasis dana zakat untuk kemandirian masyarakat secara ekonomis maupun sosial
2. meningkatkan kualitas sumber daya manusia selaku pengurus organisasi masyarakat
3. meningkatkan kinerja organisasi ataupun komunitas mitra organisasi daerah dampingan
4. mendesain program yang mampu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengolah potensi wilayahnya
5. membantu untuk monitoring dan evaluasi implementasi program berdasarkan pendekatan SMART (Specific, Measureable, Attainable, Realibility, and Timely).

IV. Membuat laporan keuangan sekaligus metode menyusun perencanaan keuangan berdasarkan PSAK 109
Ruang lingkup:
1. Karakteristik Laporan Keuangan OPZ
2. Akuntansi Dana
3. Jenis-jenis Laporan Keuangan OPZ
4. Format Laporan Keuangan
5. Unsur-unsur Laporan Keuangan
6. Penyusunan Jurnal Standar
Manfaat:
1. Memahami manajemen keuangan OPZ dan Jenis-jenis dana yang terdapat pada lembaga zakat sesuai PSAK 109
2. Mampu menggunakan neraca, penerapan laporan sumber dan penggunaan dana, menggunakan laporan arus kas, laporan perubahan dana termanfaatkan hingga pengenalan mengenai catatan laporan keuangan.
3. Mengenal format laporan keuangan berdasarkan jenis dana, Mengenal format laporan keuangan konsolidasi
4. Mampu mendefinsikan jurnal standar dan diferensiasi penerapannya pada lembaga zakat, Bentuk-bentuk transaksi dan penerapannya disertai contoh transaksi yang umum dilakukan di lembaga zakat.

Share the article
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Twitter
    Berikan Komentar Terbaik Anda!