Panduan Zakat Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah

Posted September 3rd, 2009 in Publication

Menunaikan zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim. Allah Ta’ala berfirman: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka…” (QS. At-Taubah: 103). Bahkan, ketika Rasulullah SAW mengutus Mu’adz bin Jabal ke Yaman, beliau memberikan beberapa wejangan, termasuk di antaranya zakat yang wajib ditunaikan jika penduduk di sana telah masuk Islam.

Memandang perlunya buku panduan yang dapat menuntun seorang muslim dalam menunaikan zakat-zakat mereka, seperti zakat mal, zakat fithrah, dan lain-lain, maka kami menerbitkan sebuah buku yang berjudul: “Panduan Zakat Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah”. Buku ini kami terjemahkan dari Fiqhus Sunnah, Kitabuz Zakaah, karya Syaikh as-Sayyid Sabiq.

Dalam edisi terjemahan ini kami memberi penomoran hadits yang dimulai dari awal bab dan mencantumkan derajat hadits yang takhrijnya kami ambil dari kitab asli itu sendiri, namun jika tidak ada, maka kami mengambilnya dari beberapa kitab yang mu’tabar dalam penshahihan atau pendha’ifan hadits, seperti kitab-kitab karya besar Syaikh Muhaddits Muhammad Nashiruddin al-Abani r.a. dan beberapa kitab hadits lainnya, seperti Majma’uz Zuwaa-id.

Mudah-mudahan dengan terbitnya buku ini dapat semakin memudahkan kaum muslimin untuk memahaminya.

Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepadi Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para Sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari Kiamat.

Be Sociable, Share!
Berikan Komentar Terbaik Anda!