Aktivitas Utama

Aktivitas utama IMZ adalah:

  • Pelatihan

Merupakan program penguatan kapasitas organisasi nirlaba yang diselenggarakan secara komprehensif dan integratif. Dirancang bagi praktisi, pemerhati dan akademisi yang ingin mengetahui dan memahami segala aspek manajemen organisasi nirlaba dan prinsip-prinsip pemberdayaan. Pelatihan diadakan secara rutin baik dalam bentuk Public Training, Executive Training dan Short Course.

  • Konsultasi dan Pendampingan

Program yang diarahkan untuk penguatan kapasitas organisasi nirlaba yang komprehensif dan integratif yang diadakan secara eksklusif. Konsultasi atau pendampingan dilaksanakan berdasarkan permintaan dan kebutuhan mitra. Program ini mencakup analisis kebutuhan pengetahuan dan keterampilan SDM hingga manajemen organisasi.

  • Riset

Salah satu hasil karya yang dikeluarkan adalah Indonesia Zakat and Development Report (IZDR), yang menyediakan laporan kinerja zakat secara nasional, dampaknya pada pengentasan kemiskinan dan proyeksi kinerjanya di tahun mendatang. Selain itu juga dilakukan riset-riset terkait isu kemiskinan, kaji dampak program pengembangan masyarakat, sosio-ekonomi zakat serta survei opini publik.

  • Advokasi dan Kajian Kebijakan

Advokasi yang dilakukan IMZ menitikberatkan pada diseminasi informasi serta substansi bahan kepada masyarakat/publik. IMZ juga melakukan pemantauan terhadap kebijakan di tingkat nasional, regional, maupun lokal yang memiliki keterkaitan langsung dengan pengembangan isu pengentasan kemiskinan dan zakat Indonesia. IMZ bersama stakeholder zakat dan OMS lainnya telah melakukan pengawalan atas proses pengesahan UU Pengelolaan Zakat, UU fakir Miskin, dan Peraturan daerah mengenai Pengelolaan Zakat.

  • Penerbitan Jurnal dan Buku

Penerbitan Jurnal Zakat & Empowering yang merupakan terbitan berkala tengah tahunan dalam dua bahasa, Indonesia – Inggris. Selain itu IMZ juga menerbitkan buku-buku bertemakan zakat dan isu kemiskinan baik secara kontekstual maupun lesson learned dan best practised pengelolaan zakat dalam tataran nasional dan global.

  • Layanan Perpustakaan

Merupakan fasilitas yang disediakan sebagai bentuk layanan CSR IMZ kepada publik. Layanan perpustakaan IMZ menyediakan berbagai macam koleksi buku, kliping dan referensi lain mencakup tema manajemen organisasi nirlaba, pemberdayaan masyarakat, komunikasi, ekonomi Islam, ekonomi umum, perbankan syariah, fiqh, zakat-infaq-shadaqoh & wakaf, filantropi maupun manajemen secara umum. Layanan perpustakaan IMZ terbuka untuk mahasiswa dan umum tanpa dipungut biaya.

Share the article
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Twitter